Inilah Lokasi Wisata Di Jogja Yang Harus Dikunjungi

Kota Jogja tak bisa di pungkiri lagi telah menjadi salah satu tujuan wisata favorit bagi para wisatawan. Hampir setiap liburan atau setiap akhir pekan, kota Jogja akan dipenuhi oleh para pengunjung yang ingin menikmati keindahan kota ini.
Jogja memiliki banyak sekali tempat tujuan wisata, nah bagi yang ingin liburan ke Jogja yuuk disimak beberapa lokasi yang wajib dikunjungi selama liburan di Jogja.

1. Jalan Malioboro
Jalan Malioboro adalah pusatnya pariwisata di kota Jogja. Jalan ini telah menjadi salah satu lokasi yang wajib dikunjungi jika kita liburan ke kota Jogja. Sepanjang jalan Malioboro ini memberikan kita penawaran belanja yang tidak ada habisnya, baik itu aksesoris, batik dan juga makanan.
kabarna.id
Jika kita berjalan pada siang hari maka kita akan bertemu dengan berbagai penjual baju dan juga aksesoris yang sangat unik. Sementara itu setelah hari berganti malam, maka penjual makanan lesehan akan mulai buka dan siap memenuhi segala penjuru perut kita.

Saat ini Jalan Malioboro telah memiliki wajah baru yang sangat nyaman untuk para pejalan kaki. Hal ini disebabkan telah selesainya pelebaran area pejalan kaki yang membuat kita tambah semangat untuk menikmati suasana Malioboro dan juga berjalan-jalan menyusuri jalan kebanggaan masyarakat Jogja ini.

2. Keraton Yogyakarta
Keraton Jogjakarta adalah tempat wisata yang juga sangat banyak dikunjungi oleh para Wisatawan. Keraton Yogyakarta ini terletak di bagian selatan dari alun alun utara kota Jogja dan hanya berjarak sekitar 50 meter dari Jalan Malioboro.
Keraton Yogyakarta merupakan bangunan yang menjadi tempat tinggal Sultan dan juga keluarga keraton Jogja. Di dalam keraton ini para pengunjung dapat menikmati keindahan bangunan keraton dan juga melihat berbagai macam barang barang milik kesultanan Jogja.
Keraton Jogja ini dapat dikunjungi setiap hari sejak jam 8 pagi hingga jam 2 siang, kecuali pada hari jumat hanya sampai jam 12 siang.

3. Istana Air Taman Sari
Istana Taman Sari pada masa lalu merupakan tempat rekreasi bagi keluarga kerajaan dan juga memiliki fungsi sebagai sebuah benteng pertahanan. Taman Sari dibangun pada tahun 1758 hingga 1765 oleh Sri Sultan Hamengkubuwono I. Lokasi Taman Sari cukup dekat dengan keraton dan saat ini telah menjadi salah satu cagar budaya kebanggaan masyarakat Jogja.
Pada awalnya Taman Sari ini memiliki empat kompleks yaitu Danau Buatan di bagian barat, Pemandian Umbul Binangun, Pasarean Ledok Sari dan Kolam Garjitawati, dan di bagian timur terdapat danau dengan pulau buatan. Namun saat ini hanya pemandian Umbul Binangun yang masih utuh. Bangunan yang lain telah berubah menjadi perkampungan penduduk yang pada masa lalu merupakan abdi dalam keraton Jogja.
Lokasi Taman Sari ini kerap di pakai sebagai lokasi foto karena keunikan dan juga keindahan bangunannya.

4. Alun-Alun Kidul
pegipegi.com
Lokasi Alun Alun terletak di bagian belakang Keraton Jogja dan merupakan salah satu lokasi yang selalu penuh dengan wisatawan. Pada siang hari di Alun Alun Kidul ini ada sebuah kegiatan yang sangat populer di kalangan wisatawan yaitu laku masangin. Mitos yang dipercaya adalah bagi orang yang berhasil melakukan masangin ini maka orang tersebut memiliki hati yang bersih dan keinginannya akan terkabul.
Aturan main nya cukup sederhana, kita hanya perlu berdiri dengan mata yang ditutup kemudian berjalan lurus menuju ke antara dua pohon beringin di tengah alun alun. Namun sangat jarang orang yang berhasil berjalan lurus melewati dua pohon beringin ini, yang banyak terjadi adalah mereka secara tidak sadar berbelok ke berbagai arah. Meski banyak yang tidak percaya namun sangat banyak orang yang mau mencoba melakukan ini hanya untuk kesenangan.



Pada malam hari suasana akan berganti dan lokasi ini biasanya akan semakin ramai dengan adanya sepeda tandem dan juga odong odong yang dipenuhi dengan lampu warna warni yang cantik. Sepeda tandem dan odong odong ini dapat disewa dan merupakan sensasi tersendiri bagi para wisatawan.

5. Candi Prambanan
Candi prambanan merupakan sebuah bangunan indah dan merupakan kompleks Candi Hindu terbesar di Indonesia. Candi Prambanan memiliki 3 buah candi utama yaitu Candi Wisnu, Candi Brahma, dan juga Siwa yang merupakan lambang Trimurti dalam kepercayaaan Hindu.
Candi Prambanan merupakan salah satu candi yang masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO dan merupakan salah satu candi yang terindah di wilayah Asia Tenggara. Ketinggian Candi ini mencapai 48 meter dan merupakan salah satu lokasi yang paling banyak dikunjungi oleh para wisatawan yang datang ke kota Jogja
Candi ini terletak sekitar 17 kilometer dari pusat kota Jogjakarta dan untuk mencapainya tidak susah, bagi yang tidak membawa kendaraan pribadi dapat menaiki bus dan turun di halte Prambanan.

6. Candi Borobudur
Candi Borobudur merupakan candi Budha yang terletak di wilayah Magelang dan merupakan salah satu tempat wisata yang paling terkenal di daerah Jogjakarta.

wikipedia.org
Candi Borobudur merupakan candi yang paling besar di dunia dan terkenal ke berbagai penjuru bumi. Candi ini dibangun pada masa dinasti Syailendra dan merupakan salah satu monumen Budha yang termegah di dunia. Hal ini ini membuat candi yang dibangun pada abad ke 8 ini menjadi salah satu Warisan Budaya Dunia.
Jika berkunjung ke Candi ini gunakan lah sepatu yang nyaman karena lokasinya yang cukup luas dan juga payung untuk melindungi diri dari teriknya sinar matahari.

7. Candi Ratu Boko
Candi Ratu Boko merupakan sebuah situs purbakala yang berupa sejumlah sisa bangunan. Situs ini terletak di ketinggian 196 meter dari permukaan laut. Diperkirakan situs ini merupakan sebuah bekas istana yang terlihat dari pola peletakan sisa-sisa bangunannya. Selain itu juga ditemukan sisa-sisa dinding benteng dan juga parit kering yang merupakan struktur pertahanan.
Candi Ratu Boko merupakan salah satu lokasi wisata yang memiliki keindahan panorama sunset yang sangat menawan. Bagi para fotografer, candi ini adalah salah satu tempat favorit. Selain itu kita juga dapat menikmati keindahan kota Yogyakarta dari lokasi ini yang berada di perbukitan.


Demikianlah 7 lokasi wisata yang harus kita datangi jika berkunjung ke Jogja. Selamat berlibur.


EmoticonEmoticon