9 Keputusan Yang Akan Kita Sesali Dalam 10 tahun Yang Akan Datang

Sering kali kita mengambil keputusan dalam hidup dan menyesalinya di kemudian hari. Keputusan ini mulai dari berbagai macam hal seperti terlalu sering makan cake coklat atau bahkan keputusan yang lebih besar lagi seperti karir yang kita pilih.

Ketika kita lebih hati-hati dengan berbagai macam keputusan yang kita ambil maka tidak akan ada yang kita sesali. Namun hal yang paling tidak inginkan adalah setelah 10 tahun ke depan, kita memiliki banyak hal yang kita sesali karena tidak pernah memutuskan untuk melakukannya.
Banyak hal yang dapat membuat kita menyesal seperti kurang memperhatikan kesehatan atau bisa juga menyesal karena kurang memberikan perhatian kepada hal-hal yang benar-benar penting dalam hidup kita.
Yuuk disimak apa saja keputusan tersebut

1. Melakukan hal yang menyakitkan secara berulang kali

Semua keputusan yang kita pilih membutuhkan kerja yang keras. Pilihan ada ditangan kita, apakah kita memilih sakit karena terus menerus menyesali hal yang kita tidak lakukan atau memilih berusaha sekeras mungkin untuk menggapai hal yang benar-benar kita inginkan.

Jika kita menginginkan tubuh yang sehat dan ideal tentu kita harus memiliki pola makan yang sehat pula. Nah pilihan ini ada di tangan kita, memilih makanan sehat atau sebaliknya terus menerus menyesal karena tidak pernah memilih makanan yang baik untuk tubuh kita dan terus merasa bersalah di 10 tahun yang akan datang.

2. Tidak pernah menolak apapun

Ketika seseorang meminta bantuan atau meminta kita untuk melakukan sesuatu, apakah hal yang kita lakukan langsung menyetujui nya? 

Jika iya dan sering kita lakukan maka sebaiknya kita juga berpikir ulang tentang dampak dari selalu mengatakan Ya.

Salah satu efek dari tidak pernah menolak permintaan tolong teman adalah tingkat stress yang meningkat. Hal ini dapat terjadi karena kita tidak peduli dengan keinginan kita sehingga akan berpengaruh pada kebahagiaan diri kita. 

Selain itu selalu mengatakan Ya pada orang lain akan membuat berkurangnya waktu yang berkualitas dengan diri kita atau keluarga kita.

3. Tidak berusaha meningkatkan kualitas diri

Kita mungkin pernah mendengar tentang sebuah pepatah yang mengatakan apabila kita tidak berkembang maka kita akan mati. 

Pepatah ini sangat benar, dan jika kita tidak pernah berusaha meningkatkan kualitas diri kita, baik itu mempelajari keahlian baru atau mempelajari hal penting lainnya maka kita akan mengalami kemunduran.

Dengan tidak pernah belajar mengenai berbagai macam hal baru, pada akhirnya akan membuat kita mengalami rasa tidak puas terhadap diri kita. Hal ini dapat menurunkan kualitas dari diri kita sendiri dan membuat kita merasa menyesal bertahun-tahun yang akan datang.

4. Terlalu Cuek




Apakah kita akan kebahagiaan jika kita selalu cuek? Apakah kita bisa bahagia dengan sering mengucapkan kata “aku tidak perduli”.

Yuup kita semua sebenarnya sadar bahwa sebenarnya kita sangat peduli dengan diri kita dan juga peduli dengan sekitar kita, jadi pilihlah untuk peduli dan hiduplah dengan benar.

5. Membiarkan orang mengambil keputusan untuk kita

Apakah kita sering menunda sebuah keputusan karena menunggu pendapat orang lain, atau bahkan lebih lagi, kita meminta orang untuk memutuskan hal tersebut untuk kita. 

Seringkali kita terlibat dalam pembicaraan di mana tidak ada satupun dari kita yang dapat mengambil keputusan tentang sesuatu.

Salah satu hal sederhana yang kita temui adalah pertanyaan makan dimana? Terkadang jawaban yang keluar adalah terserah dan pada akhirnya kita akan bingung mau makan dimana.

Hal ini akan berujung pada dua orang kelaparan yang menggerutu dan tidak menikmati hari mereka.

6. Tidak pernah mempelajari sesuatu dengan baik

Apakah kita terlalu sibuk sehingga tidak dapat mempelajari sesuatu dengan baik dan menjadi ahli? Apakah kita kita hanya menjalani kehidupan seperti biasanya?

Apabila kita benar-benar ingin hidup dan menikmati nya maka sebaiknya kita meluangkan waktu untuk suatu hal yang benar-benar kita sukai dan berusaha meningkatkan kemampuan kita dalam hal tersebut. 

Jika kita ingin dapat memainkan piano dengan baik maka kita harus mau dan berusaha untuk meluangkan waktu yang cukup untuk dapat mempelajarinya. Belajar menguasai sesuatu dan menjadi ahli memang membutuhkan waktu dan juga usaha yang keras. 

Namun setelah kita bisa maka kepuasan nya akan sangat tidak ternilai.

7. Menyerah

Yup, menyerah juga merupakan sebuah keputusan. Hal terburuk yang dapat kita lakukan adalah menyerah dalam mengejar mimpi kita.

Ini adalah salah satu keputusan yang suatu saat nanti, pasti akan kita sesali.

8. Tidak Menuruti kata hati

Seringkali kita mengambil keputusan karena kita berpikir itu adalah hal yang terbaik yang dapat kita lakukan atau bisa juga karena kita terlalu takut untuk menuruti kata hati kita. 

Dalam suatu hal yang sangat penting ada baiknya kita memilih untuk mengikut kata hati kita. Kita tidak pernah mengetahui apa yang akan terjadi dalam kehidupan. Ikutilah kata hati kemudian bahagia dan bersyukur dengan apapun yang akan terjadi. 

Sehingga dalam 10 tahun yang akan datang kita tidak menyesal karena tidak mengikuti kata hati kita dan dapat bahagia dengan apapun pilihan kita.

9. Menunda sampai besok

Besok tidak akan pernah datang jadi jangan pernah menunda, lakukan hal kecil sekarang dan jadikan hidup esok lebih nyaman tanpa ada beban dari hari kemarin.

Seringkali kita menunda berbagai hal yang pada akhirnya tidak akan kita selesaikan. 

Jadi agar kita tidak memiliki banyak penyesalan di masa yang akan datang, lakukan hal itu saat ini dan jangan pernah menunda.


Demikian lah beberapa hal yang dapat kita sesali di masa yang akan datang .

Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membuat kita tidak melakukan hal hal yang akan kita sesali nantinya.

sumber gambar : Designed by Freepik


EmoticonEmoticon