5 Cara Untuk Tidak Terpengaruh Oleh Orang Berpikiran Negatif

Memiliki pikiran positif adalah hal yang penting bagi kehidupan kita sehingga kita dapat selalu bersyukur dengan keadaan kita dan tetap semangat dalam menjalani hari-hari. Namun dalam perjalanan terkadang kita bertemu dengan orang-orang yang memiliki energi negatif dan energi ini cukup cepat menyebarnya.

Berada dekat dengan orang yang memiliki energi negatif adalah salah satu cara untuk merusak semangat dan juga kehidupan kita. Secara tidak sadar kita akan terpengaruh dengan cara berpikir dia yang negatif dan sedihnya hal tersebut kemudian menjadi beban bagi kita sehingga semakin berat untuk berpikiran positif.

Simpati kita terhadap orang lain terkadang menjadi jalan untuk menyerap berbagai macam energi yang ada di sekitar kita dan salah satunya adalah energi negatif. Hal ini lah yang kemudian dapat mempengaruhi kita secara mental dan juga psikis.

Memang menjadi orang yang perhatian dan juga memiliki simpati yang besar terhadap orang di sekitar kita adalah hal yang baik. Namun kita juga perlu menjaga diri kita dari jenis orang yang akan mengambil keuntungan dari kebaikan kita.

Di kutip dari dailyhealthpost, berikut ini adalah 5 cara sederhana sehingga kita tidak menyerap energi negatif orang lain dan dapat tetap memiliki pikiran yang positif.

1. Berhenti Berusaha Membuat Semua Orang Puas

Ketika ada yang mengatakan hal yang buruk tentang kita dan berusaha untuk membuat kita kecewa dan sedih, hal yang penting kita ingat adalah jangan diambil pusing.

Semakin anda mendengar berbagai macam gosip tidak penting tersebut maka semakin besar ketergantungan anda terhadap pujian orang. 

Penting kita ingat bahwa kita tidak dapat memuaskan semua orang dan tidak dapat membuat semua orang menyukai kita. 

Dan yang terpenting adalah kehidupan kita adalah milik kita dan bukan berdasarkan pendapat orang lain.

2. Menjauh dari orang-orang yang menyebalkan.

Banyak tipe orang yang menyebalkan, salah satu nya ada orang-orang yang dapat menyerap energi kita dan membuat kita sangat lelah ketika berbicara dengannya. 

Pernah punya teman seperti ini?





Pada umumnya, teman seperti ini adalah mereka yang akan datang dan memiliki banyak waktu dengan kita ketika mereka membutuhkan dukungan dan mengeluh tentang berbagai macam hal. Namun mereka tidak akan ada ketika kita yang membutuhkan dukungan tersebut.

Orang-orang yang menyebalkan akan memiliki berbagai macam hal untuk mereka keluhkan dan selalu menemukan hal baru sebagai bahan keluhan. 

Jadi jangan dengarkan keluhan orang-orang seperti ini. Ingat, bukan tanggung jawab anda untuk memperbaiki dan membantu menyelesaikan masalah orang lain. 

Jika mereka tidak dapat menyelesaikan masalah mereka maka jangan malah kita yang membawa dan pusing dengan masalah tersebut.

3 Berkata tidak

Suatu hal yang penting untuk memiliki batasan dan berani menyatakannya ketika ada orang yang melewati batasan yang telah anda tetapkan.

Sebagai contoh, anda tentu tidak akan membiarkan orang masuk ke dalam rumah dan kemudian menghancurkan isi rumah anda bukan? Nah buat lah batasan sehingga orang lain tidak akan menghancurkan harga diri anda.

Jangan ragu untuk mengatakan tidak apabila anda tidak suka dan anda tidak perlu takut untuk menyatakannya demi kebaikan diri kita. Ketika anda merasa tidak dihargai maka berdirilah dan perjuangkan harga diri anda.

Waktu dan juga perasaan kita adalah hal yang berharga, jangan biarkan orang-orang negatif merusaknya. Bergaul lah dengan orang-orang yang memiliki energi positif dan menjauh dari mereka yang buruk.

4. Menikmati Me Time

Menikmati waktu kita sendiri tanpa ada pengaruh dari orang lain adalah hal yang sangat penting. Kesendirian dapat membuat kita dapat lebih nyaman dan menenangkan diri. 





Menikmati me time dapat kita lakukan kapanpun, entah itu menikmati pagi dengan santai atau menikmati jalan sore sendirian. Merenunglah dan dengarkan suara hati anda.

Carilah tempat yang tenang dengan udara segar, sehingga dapat membuat kita merasa bahagia dan jauh dari masalah. Serap berbagai energi positif tersebut dan buat diri kita jauh lebih semangat dari sebelumnya.

5. Bertanggung-jawab

Pada akhirnya, yang bertanggung jawab terhadap perasaan kita adalah diri kita sendiri. Di mana pun kita berada, kita memiliki pilihan untuk tetap menjadi diri kita, atau membiarkan diri kita dipengaruhi oleh orang-orang negatif.

Ketika kita bertanggung jawab terhadap perasaan kita sendiri, maka kita akan lepas dari pengaruh orang lain. Rasa percaya diri akan membuat kita menjadi lebih kuat dan juga tahan banting.

Jadi bagaimana pun jenis orang yang kita hadapi dalam kehidupan kita sehari-hari, diri kita sendirilah yang paling bertanggung jawab terhadap perasaan kita. 

Tetaplah berpikiran positif dan bertindak positif. 

Sumber gambar  : Designed by Freepik

1 komentar so far

setuju sekali dengan kalimat ini "Berhenti Berusaha Membuat Semua Orang Puas"


EmoticonEmoticon