Motif Batik Khas Bantul

Bantul merupakan sebuah wilayah di Daerah Istimewa Yogyakarta yang terkenal dengan seni kerajinan batik. 

Awal mula kerajinan batik tulis di daerah Bantul ini konon bersamaan dengan pendirian komplek pemakaman Raja Mataram di wilayah Imogiri di abad ke 16.

Pembuatan makam raja di wilayah Bantul ini menjadi awal mula hubungan antara masyarakat daerah Bantul ini dengan pihak keraton.

Pada masa itu keraton membutuhkan tenaga yang dapat memelihara dan juga menjaga makam Raja tersebut. Hal ini membuat keraton akhirnya memberikan tugas abdi dalem kepada penduduk di lingkungan tersebut.

Keterampilan membuat batik yang dimiliki oleh para abdi dalem keraton tersebut kemudian dipelajari oleh penduduk wilayah Bantul, dan mereka membuat batik untuk memenuhi kebutuhan batik Keraton.

Keahlian masyarakat Bantul membuat motif batik halus khas keraton ini berkembang dengan baik terutama pada penduduk yang berada di wilayah Giriloyo. 

Keahlian membuat batik ini kemudian menjadi seni yang di wariskan secara turun temurun dalam masyarakat Bantul.

Keahlian masyarakat Bantul dalam membuat motif batik keraton ini memancing kreativitas masyarakat daerah tersebut untuk menciptakan motif batik khas Bantul yang dapat dipakai secara bebas.

Seperti kita ketahui pada masa lalu, beberapa motif batik keraton memang hanya diperuntukkan kepada para bangsawan dan keluarga Raja. 

Keinginan para pengrajin batik untuk ikut juga memakai baju batik, membuat mereka menciptakan motif batik khas dari Bantul. 

Hasil karya seni batik yang mereka buat, merupakan motif dan pola batik yang tumbuh dan muncul dari kreativitas penduduk Bantul.

Pada masa itu sebagian besar penduduk Bantul merupakan petani sehingga motif batik yang mereka buat kebanyakan memiliki pola tanaman,bunga, burung dan lain sebagainya yang berhubungan dengan alam sekitar.


Berikut ini adalah beberapa contoh motif batik khas dari wilayah Bantul.

1.    Motif Batik Nitik Kembang Kenanga

Motif batik Kembang Kenanga ini sepintas memang mirip seperti motif Kawung. Namun sebenarnya kedua motif ini berbeda. 

Perbedaan dasar itu dapat terlihat pada bagian dasar tembokan dan hiasan ornamen di dalam bagian irisan lingkaran yang memiliki bentuk seperti cacah gori. 

Selain itu warna motif batik Kembang Kenanga ini lebih banyak didominasi warna hitam.
Pada masa lalu, kain dengan motif batik ini lebih pantas dipakai oleh orang tua terutama kaum ibu. 

Motif ini dianggap kurang cocok untuk dipakai para gadis karena dianggap memiliki pola yang terlalu sederhana dan warna yang kurang cerah. 

Namun dalam motif batik nya yang sederhana dan warna yang kurang cerah ini terkandung harapan bahwa motif batik ini akan memberikan kehormatan kepada seorang ibu dan harapan akan seorang ibu yang memiliki jiwa yang sederhana.



2.    Motif batik Nitik Kembang Pace

Motif batik ini memiliki pola yang tampil secara berulang dengan bentuk yang simetris. 

Motif batik Nitik Kembang Pace ini memiliki bentuk yang mengkombinasikan antara pola nitik dengan teknik tulis yang terlihat pada bagian pusat bunga.





3.    Motif Batik Nitik Sekar Tanjung

Motif batik khas Bantul ini merupakan motif batik yang berasal dari dari bentuk selang seling yang berulang antaran bentuk bintang yang memiliki bentuk lingkaran diantara selanya.

Motif batik ini pada pusat lingkaran nya dibuat dengan teknik tulis.






4.    Motif Batik Tambal.

Motif batik tambal ini pada masa lalu dipercaya sebagai motif batik yang memiliki kemampuan untuk menyembuhkan orang yang sedang sakit. 

Cara penyembuhan nya adalah dengan menyelimutkan kain dengan motif batik tambal ini pada orang yang sakit.

Hal ini sesuai dengan makna dari kain batik ini yaitu menambal atau bisa juga memperbaiki yang sedang rusak.




5.    Motif Batik Sekar Jagad

 Motif batik ini merupakan batik yang memiliki makna peta dunia. 

Kata "kar" dalam bahasa Belanda memiliki makna peta, sementara kata "jagad" memiliki makna dunia dalam bahasa Jawa. 

Motif batik ini memperlihatkan keragaman yang ada di Indonesia dan keragaman yang terdapat di dunia.

Motif batik ini juga mengandung makna kecantikan dan juga keindahan sehingga motif batik ini memang banyak membuat orang terpesona.

Demikianlah sejarah singkat mengenai batik di daerah Bantul serta beberapa motif batik yang khas berasal dari Bantul.

Semoga bermanfaat.




EmoticonEmoticon