Lokasi Yang Wajib Dikunjungi Di Yogyakarta

Kota Yogyakarta telah lama dikenal juga sebagai kota batik. Kota ini merupakan sebuah tujuan wisata yang banyak dikunjungi oleh turis asing maupun domestik tiap tahunnya. Yogyakarta dapat disebut sebagai salah satu tempat yang membuat batik berkembang dengan pesat.

Perkembangan seni batik di kota ini telah berlangsung selama ratusan tahun dan hingga saat ini masih terus ada dan bahkan menjadi salah satu komoditas unggulan bagi perekonomian masyarakat Yogyakarta.

Di wilayah Yogyakarta ini kita dapat dengan mudah menemukan tempat penjualan batik dan juga tempat yang cocok untuk dikunjungi dalam melakukan wisata batik. Seni batik memang telah menjadi salah satu tradisi yang bertahan dan berkembang dengan baik dalam kehidupan masyarakat Yogyakarta. Banyak tempat bagi para wisatawan untuk melakukan wisata belanja batik di kota ini. 

Berikut ini adalah beberapa tempat yang wajib kita kunjungi jika berada di Yogyakarta.

1. Jalan Malioboro

Lokasi jalan legendaris di kota Yogyakarta ini terletak sekitar 800 meter dari keraton Yogyakarta. Pada masa lalu lokasi ini akan penuh dengan karangan bunga setiap kali Keraton melakukan perayaan. Hal ini lah yang menjadi dasar pemberian nama Malioboro yang berasal dari bahasa sansekerta yang memiliki makna karangan bunga.

Suasana Malam Di Malioboro (tempatwisatamu.com) 
Saat ini jalan Malioboro dipenuhi dengan berbagai pertokoan, perkantoran, rumah makan, dan juga hotel berbintang yang tersebar di segala penjuru wilayahnya. Ketika kita berkunjung ke wilayah Malioboro dan berjalan kaki di sepanjang bahu jalan maka kita akan menemui banyak penjual kaki lima yang menjual berbagai macam produk mulai dari kerajinan lokal hingga beragam kain dan baju batik. Harga yang ditawarkan oleh para pedagang di kaki lima ini tergolong murah jika kita pintar dalam hal melakukan tawar menawar. Jika kita beruntung maka kita akan bisa mendapatkan harga separuh dari yang pertama kali ditawarkan.

Namun bagi anda yang ingin belanja baju batik namun tidak suka dengan proses tawar menawar, maka jalan Malioboro ini juga memiliki banyak toko batik yang menjual batik dengan berbagai jenis kualitas dan juga harga. 

Toko batik yang terdapat di wilayah Malioboro ini menyediakan batik mulai dari harga puluhan ribu rupiah hingga jutaan rupiah. Belanja di toko batik yang ada di wilayah Malioboro ini walaupun harga batik nya cenderung murah namun kualitas nya cukup terjamin. Selain itu toko batik di daerah ini juga menyediakan baju dan kain batik tulis yang berharga jutaan rupiah yang memiliki kualitas terbaik.


Batik yang dijual oleh para pedagang di sepanjang jalan Malioboro ini tidak hanya berasal dari kota Jogja saja, namun kita juga dapat menjumpai kain dan baju batik dari daerah tetangga seperti batik Pekalongan dan juga batik Solo. 

2. Pasar Beringharjo

Pasar ini merupakan pasar tradisional yang lokasi nya berada di Jalan Jenderal A. Yani dan masih berada dalam kawasan Malioboro. Sejak zaman dahulu pasar ini telah terkenal sebagai pasar yang memiliki koleksi dagangan batik yang cukup lengkap. Berbagai macam bentuk batik dari berbagai wilayah dapat kita jumpai di daerah ini. 

pasar beringharo (pegipegi.com)
Pasar Beringharjo ini lokasi nya cukup strategis yaitu di daerah ujung selatan kawasan Malioboro dan berada di samping museum sejarah Benteng Vredeburg dan terletak berseberangan dengan Gedung Agung.

Pasar Beringharjo ini merupakan salah satu tempat wisata wajib yang harus dikunjungi jika kita berada di kota Yogyakarta. Pasar ini merupakan salah satu pasar tertua yang keberadaannya memiliki nilai sejarah dan juga filosofi yang memiliki kaitan erat dengan keraton Yogyakarta.

Nama Beringharjo ini diberikan ketika Sri Sultan Hamengku Buwono IX bertakhta. Pada masa tersebut Beliau memberikan perintah untuk memberikan nama Jawa pada semua nama instansi yang berada di bawah Kesultanan. Nama Beringharjo merupakan nama yang paling pas untuk nama pasar yang berada di pusat kota ini mengingat wilayah ini pada zaman dahulu adalah hutan beringin.

Jika kita hendak belanja batik maka lokasi ini adalah salah satu tempat yang tepat. Pasar Beringharjo menyediakan berbagai macam jenis batik dan siap melayani para pengunjung sejak jam 9 pagi. Sejak masuk dari pintu utama kita telah disuguhi pemandangan berbagai model baju batik yang sedang trend pada saat ini. Jangan lupa untuk melakukan tawar menawar ketika belanja di pasar ini. Jika berhasil maka kita dapat membawa pulang batik yang kualitas nya bagus dengan harga yang cukup murah. 

3. Mirota Batik 

Mirota Batik merupakan sebuah toko yang terletak di kawasan Malioboro dan merupakan tempat yang sangat nyaman untuk belanja berbagai macam kerajinan khas dan unik. Selain itu toko ini juga menyediakan berbagai macam kain dan baju batik dengan berbagai macam jenis kualitas dan juga harga. Semua harga yang ada di toko ini adalah harga yang pasti sehingga kita tidak perlu melakukan tawar menawar.

suasana di Mirota Batik (tripadvisor.com)
Toko ini terletak berseberangan dengan pasar Beringharjo dan merupakan salah satu tempat belanja yang di rekomendasi kan jika kita berkunjung ke Yogyakarta. Suasana toko yang sangat nyaman dan penataan yang baik membuat kita betah berada di toko ini. Apalagi di dalam toko ini kita dapat menjumpai berbagai macam kerajinan yang unik dan juga menarik yang dapat kita gunakan sebagai pajangan di rumah atau sebagai oleh-oleh bagi keluarga. 

Untuk anda yang lelah berjalan-jalan dan ingin beristirahat sambil makan minum, di bagian atas dari mirota batik ini terdapat restoran yang menyediakan beragam makanan dan juga minuman khas dengan harga yang sangat terjangkau dan suasana yang sangat unik dan nyaman. 


Demikianlah tiga lokasi yang wajib dikunjungi jika kita berjalan-jalan dan belanja batik di kota Yogyakarta.

Semoga kunjungan anda ke Yogyakarta menyenangkan.




EmoticonEmoticon