7 Cara Terbaik Mencuci Batik Kesayangan

Batik beberapa tahun terakhir ini telah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Batik saat ini telah menjadi bagian dari busana modern dan cukup sering kita pakai dalam kegiatan kita sehari-hari. Proses pembuatan batik tulis yang unik dan juga khas ini membuat proses mencuci batik ini memerlukan teknik khusus.


Batik tulis memang tidak dapat kita cuci seperti ketika mencuci kain dan baju lainnya. Dalam melakukan pencucian terhadap kain dan juga baju batik tulis memerlukan teknik dan juga bahan pencuci yang khusus. 

model baju batik
Model Baju Batik (batikhush.com)
Mencuci kain dan juga baju batik tulis memang memiliki perbedaan dan sedikit lebih rumit. 

Namun dengan mengikuti petunjuk dalam mencuci yang benar maka kain dan juga baju batik tulis yang kita miliki akan lebih awet dan memiliki warna yang indah dalam waktu yang lama.


Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dipakai untuk mencuci kain batik tulis

1. Mencuci dengan lerak.

lerak (lerakindonesia.com)
Lerak merupakan salah satu bahan terbaik yang dipakai untuk mencuci batik. Lerak ini merupakan buah yang dikeringkan setelah itu akan ditumbuk hingga halus dan dicampur dengan air hangat.

Lerak ini dipakai sebagai bahan rendaman untuk kain batik selama sekitar satu malam. Penggunaan bahan cuci yang memanfaatkan buah lerak ini dapat membuat warna dari kain batik tulis tersebut menjadi jauh lebih awet.

Saat ini dengan meningkatnya pamor batik, maka bahan pencuci batik berupa lerak ini telah dapat kita jumpai dengan mudah baik di toko batik di sekitar rumah kita maupun dijual di toko baju batik online yang saat ini banyak tersedia.

Apabila baju batik tulis tersebut terkena noda maka cara yang membersihkan nya adalah merendam batik dalam larutan air lerak hangat selama 5 menit sambil dikucek secara perlahan pada bagian yang kotor.

Jika kain batik tersebut tidak terkena noda maka sebaiknya kain batik tulis tersebut hanya direndam saja dalam cairan lerak tanpa dikucek.

Aroma khas dari buah lerak ini juga mampu mencegah kedatangan hewan kecil yang dapat merusak kain batik tulis kesayangan kita.

2. Menggunakan tanaman dilem

Cara lain untuk mencuci kain batik tulis adalah dengan menggunakan daun tanaman dilem yang telah direndam air hangat.

Cara penggunaan nya adalah dengan meremas daun dilem sampai keluar busa. Setelah itu tambahkan air secukupnya dan cucilah kain batik kesayangan kita.

3. Jangan disikat

Mencuci kain batik tulis tidak dapat kita perlakukan seperti mencuci baju jenis lainnya.

Hal yang perlu dihindari dalam mencuci kain batik tulis adalah jangan disikat karena lambat laun hal ini dapat membuat warna dan juga tekstur pada kain batik tulis tersebut akan menjadi pudar.

4. Menggunakan sabun mandi dan kulit jeruk

kulit jeruk (manfaat.co.id)
Suatu hal yang mengesalkan adalah apabila kain batik tulis kesayangan kita terkena noda. Jika hal ini sampai terjadi maka cara yang dapat kita lakukan selain beberapa cara di atas adalah dengan menggunakan sabun mandi dan kulit jeruk.

Cara menggunakannya adalah dengan mengusap kain batik tulis tersebut secukupnya dengan sabun mandi dan juga kulit jeruk pada bagian yang kena noda tersebut. Setelah itu bilas kain batik dan peras dengan lembut.

5. Jangan menggunakan deterjen

Menggunakan deterjen pada kain batik tulis dapat membuat warna dan juga corak kain batik tersebut semakin lama akan semakin pudar. Untuk membersihkan kain batik tulis kita yang kotor maka salah satu cara yang dapat digunakan untuk membersihkan nya adalah dengan menggunakan shampoo bayi.

Cara penggunaan nya adalah dengan menggunakan air hangat dan sedikit shampoo bayi. Kemudian celupkan kain atau baju batik tulis tersebut. Jangan direndam terlalu lama langsung cuci batik tersebut dengan tangan.

6. Hindari penggunaan mesin cuci.

sumber colourbox.com
Penggunaan mesin cuci merupakan salah satu alat yang harus kita hindari untuk mencuci baju batik tulis. Hal ini disebabkan karena mesin cuci dapat merusak tekstur kain batik tulis kesayangan kita.
Mencuci kain batik yang baik adalah dengan menggunakan tangan. Setelah selesai dicuci maka biarkan kain batik tersebut mengering secara alami ditempat yang teduh.

Hindari memeras kain batik dengan kuat karena hal ini dapat merusak warna dan juga motif dari baju batik tersebut.

7. Dryclean

Jika kita terlalu repot untuk melakukan berbagai macam cara di atas maka salah satu cara untuk mencuci kain batik tulis kesayangan kita adalah dengan menggunakan dryclean.

Namun mencuci dengan cara dryclean ini juga sebaiknya tidak terlalu sering. Jika baju batik kesayangan yang habis kita pakai tidak kotor, sebaiknya baju batik tersebut hanya kita angin anginkan saja ditempat yang teduh.

Demikianlah beberapa tips untuk mencuci kain dan juga baju batik tulis kesayangan kita agar tetap awet dan memiliki warna yang terus cemerlang.

Semoga beberapa tips ini bermanfaat.



EmoticonEmoticon