4 Tempat Yang Wajib di Kunjungi Di Pekalongan

Pekalongan merupakan sebuah daerah di pesisir pantai yang terletak di dalam wilayah Jawa Tengah. Sejak lama kota ini telah sangat dikenal akan kesenian batik yang dibuat oleh penduduknya. Motif batik yang dibuat oleh masyarakat Pekalongan ini sangat disukai oleh masyarakat karena menggunakan warna-warni yang cerah dan memiliki desain yang modern.

Kain dan juga baju batik yang dibuat oleh masyarakat Pekalongan ini dapat dibilang sebagai industri batik yang paling besar di Indonesia. Sebagian besar baju batik yang beredar di kalangan masyarakat Indonesia adalah batik Pekalongan. Hal ini disebabkan banyak pengusaha batik di daerah ini yang membuat batik dengan harga yang sangat murah sehingga sangat menggiurkan untuk dijadikan lahan bisnis bagi banyak orang.

Maka, jika kita berkunjung ke kota Pekalongan hal yang wajib kita lakukan adalah melakukan wisata batik di daerah Pekalongan. Berikut ini adalah beberapa tempat yang wajib kita kunjungi di Pekalongan dalam wisata batik kita kali ini.
1. Museum Batik

Museum Batik Pekalongan pada masa lalu merupakan kantor Administrasi Pabrik Gula di zaman Belanda. Lokasi museum batik Pekalongan ini terletak di jalan Jetayu No 10.

museumbatikpekalongan.info
Saat ini koleksi batik yang ada di dalam museum ini diperkirakan ada sekitar 1149 koleksi batik. Di dalam museum ini selain kita dapat melihat berbagai macam jenis motif batik, para pengunjung juga dapat melihat berbagai macam hal yang memiliki kaitan dengan batik seperti alat pembuatan batik.

Museum batik Pekalongan ini terdapat tiga ruang pamer. Ruang Pertama yang menyimpan berbagai motif batik yang berasal dari daerah pesisir seperti batik Pekalongan, batik Cirebon dan juga batik Rembang. Di dalam ruang ini pengunjung juga dapat melihat berbagai macam peralatan dan bahan untuk membuat batik seperti canting tulis, canting cap, lilin, dan juga pewarna alami dan buatan.

Ruangan yang kedua adalah ruangan batik nusantara. Di dalam ruangan ini kita dapat menjumpai berbagai koleksi batik dari berbagai wilayah di Indonesia seperti batik Kalimantan, batik Bali dan juga batik dari Papua.

Sementara untuk batik yang berasal dari pedalaman yang merupakan batik keraton dapat kita jumpai di dalam ruang pamer yang ketiga.

Selain ketiga ruang pamer tersebut, di dalam museum ini pengunjung juga dapat menjumpai ruang workshop. Dalam ruangan ini para pengunjung dapat mempelajari cara pembuatan batik atau hanya sekadar melihat bagaimana proses pembuatan batik tulis dan juga cap.

2. International Batik Center

IBC (panoramio.com)
Jika kita berada di Pekalongan maka salah satu tempat yang wajib kita kunjungi adalah International Batik Center. Lokasi merupakan sebuah kawasan terpadu yang menjual berbagai macam jenis kerajinan batik. 

International Batik Center ini terletak di Jalan A Yani No 573 Wiradesa Pekalongan. Di lokasi ini kita dapat membeli berbagai macam jenis batik mulai dari baju batik hingga berbagai macam kerajinan yang terbuat dari batik. 

Fasilitas yang disediakan oleh International Batik Center ini juga terbilang lengkap, seperti tempat parkir yang luas, toilet yang nyaman, area bermain anak hingga tempat makan pun tersedia di lokasi ini.

3. Kampung Wisata Batik Kauman

kampung batik Kauman
Di kota Pekalongan ini kita juga dapat menjumpai beberapa kampung yang menjadi tempat wisata batik. Bagi anda yang penasaran tentang bagaimana proses pembuatan batik khas Pekalongan ini maka salah satu tempat yang dapat kita kunjungi adalah kampung wisata batik Kauman. 

Kampung batik ini dapat kita jumpai berada di jalan Hayam Wuruk. Di dalam kampung ini para pengunjung dapat belajar membuat batik di beberapa showroom batik yang ada. Biasanya kawasan kampung batik Kauman ini sangat ramai dikunjungi oleh para wisatawan karena memang lokasi ini adalah pusat pembuatan dan juga penjualan batik khas Pekalongan. 

Para pengunjung yang datang ke lokasi ini tidak hanya menggunakan kendaraan pribadi, tak jarang kita juga akan melihat bus-bus besar yang membawa para wisatawan dari mancanegara dan juga domestik yang ingin belanja batik di daerah ini.


4. Pusat Grosir Pekalongan

Batik sangat identik dengan kota Pekalongan, hal ini membuat banyak wisatawan yang sengaja datang ke Pekalongan hanya untuk belanja baju batik. Saat ini Pekalongan telah memiliki beberapa tempat wisata belanja batik yang berupa pasar grosir. 

Pasar Grosir Sentono (noerazhka.com)
Pekalongan memiliki tiga pasar grosir yaitu Pasar Grosir Sentono, Pusat Grosir Gamer, dan juga mega Grosir MM. Semua pasar grosir ini dapat kita jumpai berada di jalan Dr Soetomo Pekalongan. Ketiga lokasi ini memang memiliki bentuk yang seperti pasar namun lokasi ini telah dibuat sangat baik sehingga para pengunjung dapat belanja batik dengan nyaman. 

Pasar grosir Pekalongan ini menyediakan berbagai macam produk batik dan juga tekstil Alat Tenun Bukan Mesin. Terdapat sekitar 650 kios yang semua nya menjual tekstil untuk berbagai usia. Motif batik yang ditawarkan di lokasi ini sangat beragam hingga para pengunjung yang belanja di tempat ini dapat memiliki batik yang sesuai dengan selera mereka.

Demikian lah empat tempat yang wajib dikunjungi ketika kita wisata batik ke Pekalongan
Semoga artikel ini bermanfaat.



EmoticonEmoticon